Monday, December 2, 2019
Home > Paket Tour Ke Turki > Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019

Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019

Paket Tour Festival Tulip Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019 2020 2021 2022 2023

Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019 – Yang ditunggu-tunggu dari unggulan liburan ke Turki sekarang datang kembali. Apa sih yang ditunggu? Salah satu alasannya akan kita bahas dalam tulisan ini yaitu mengenai moment dan kapan waktu terbaik wisata ke Turki.

Walaupun kami belum menjelaskan lebih detil, kami yakin dengan anda membaca tulisan ini berarti anda dan kami mempunyai ketertarikan yang sama mengenai satu faktu menarik ini tentang Turki.

Yup, bunga tulip Turki! Sudah pasti anda ingin liburan ke Turki dan menikmati festival tulip di Turki.

Ada pepatah bilang, tak kenal maka tak sayang. Kami rasa istilah pepatah tersebut ada benarnya. Karena kalau anda belum mengenal Turki dan tiba-tiba anda datang ke Turki, kami khawatir rencana wisata liburan ke Turki anda akan terasa hambar.

Hambar yang kami maksudkan disini mungkin lebih kepada kesan yang akan anda dapatkan selama jalan-jalan di Turki.

Kenapa Turki bisa menjadi begitu menarik di mata traveller, khususnya wisatawan dari Indonesia?

Rekomendasi Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019

Dalam paket tour ke Turki ini ada beberapa rekomendasi yang melatarbelakangi kenapa paket ini menjadi pilihan terbaik bagi anda yang ingin liburan ke Turki.

Seperti yang sudah kami informasikan sebelumnya, Turki menyimpan banyak sekali fakta menarik.

Yang pertama dan yang utama, yang tentunya berkaitan erat dengan Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019, adalah karena adanya Festival Tulip di Istanbul Turki.

Di bulan April setiap tahunnya, Istanbul menjadi tuan rumah perhelatan sebuah festival bunga Tulip di Turki.

Faktanya, Turki adalah negara asal bunga Tulip. Bukan di Belanda, ternyata Tulip pertama kali ditemukan dan dikembang biakkan di Turki.

Jadi kami pastikan, apabila anda mempunyai rencana untuk liburan atau tour ke Turki bulan April, bulan tersebut adalah waktu terbaik wisata ke Turki.

Setiap kali anda menemui area terbuka di Istanbul seperti taman, pasti dengan mudahnya anda akan menemukan bunga Tulip yang tertata apik, rapi, dan tentunya sangat menarik.

Fakta: Tulip Asli Dari Turki

Tulip pada awalnya tumbuh liar di padang rumput Asia.

Walaupun Tulip sering kali dikaitkan dengan negara Belanda, namun penanaman komersial Tulip atau Lale (dalam bahasa Persia disebut lâhle) dimulai pertama kali pada saat kekaisaran Ottoman.

Fakta ini diperkuat dengan ditulisnya surat dari Duta Besar Ferdinand I: Oghier Ghislain de Busbecq, kepada Sultan Suleyman Ottoman pada tahun 1554. Dituliskan bahwa “beliau melihat banyak sekali bunga yang dalam bahasa Turki disebut dengan Lale”. Bukan secara kebetulan, di periode tersebut dikatakan sebagai era termakmur kesultanan Ottoman yang dikenal dengan era Tulip (Lale Devri).

Lalu, bagaimana ceritanya Tulip bisa dikaitkan dengan Belanda?

Lebih tepatnya pada abad ke-16, Tulip dibawa dari kesultanan Ottoman ke Belanda. Dan tanpa waktu lama, keberadaan bunga Tulip di Belanda menjadi sangat populer.

Charles de L’Ecluse atau dikenal juga dengan nama Carolus Clusius, penulis pertama karya terbesar mengenai Tulip pada tahun 1592, adalah seseorang yang mempunyai peran penting penyebaran Tulip di Belanda sampai pada tahun-tahun terakhir abad ke-16. Pada saat menjadi bagian dari Universitas Leiden di Belanda, beliau banyak sekali menanam dan mengembangkan Tulip di taman universitas maupun di taman milik pribadinya. Yang pada akhirnya, bunga Tulip tersebar luas dan menjadi sangat populer di Belanda.

Emirgan Park, Tempat Wisata Unggulan Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019

Sudah diketahui sebelumnya, bahwa selama bulan April setiap tahunnya, dapat dengan mudahnya kita menemukan bunga Tulip di Istanbul Turki.

Namun belum afdol apabila anda belum secara spesifik mengunjungi sebuah taman nasional di Istanbul Turki dimana di taman tersebut banyak sekali ditanam bunga Tulip.

Emirgan Park, sebuah taman nasional sebagai tempat perhelatan festival bunga Tulip di Istanbul Turki.

Taman nasional Emirgan Park, yang terletak tidak jauh dari jembatan Bosphorus, akan menjadi sebuah tempat wisata yang wajib dikunjungi dalam Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019.

Namun tentunya dalam paket tour Turki 7 hari ini tidak hanya taman nasional tersebut yang hanya akan dikunjungi di Istanbul Turki. Gambaran spot destinasi wisatanya dapat anda temukan dalam beberapa tulisan berikutnya.

( klik pada gambar untuk memperbesar )

| Baca juga : 25 Fakta Menarik Yang Menjadikan Istanbul Turki Sebagai Tujuan Dan Tempat Menarik Untuk Dikunjungi.

Musim Tulip Di Turki Bulan April

Satu lagi kenapa bulan April ini menjadi rekomendasi waktu terbaik untuk wisata liburan ke Turki.

Bulan April adalah saatnya musim semi (spring) di Turki. Musim semi adalah musim yang berlangsung setelah musim dingin (winter), dan sebelum musim panas (summer).

Selain musim gugur (autumn), liburan musim semi di Turki dikatakan sebagai waktu terbaik wisata ke Turki karena cuacanya yang sangat sejuk. Tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Banyak sekali tamu kami yang tour ke Turki pada saat musim semi mempunyai kesan yang sangat nyaman dan menyenangkan.

Kami tentunya sangat berharap, anda adalah tamu berikutnya yang akan kami dampingi selama liburan tour musim semi ke Turki tahun ini.

Kelebihan Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019 TourTurki.co.id

Kami yakin saat ini anda sudah sangat bersemangat untuk liburan ke Turki. Melihat beberapa informasi diatas, memutuskan untuk tour ke Turki di bulan April tahun ini adalah sebuah keputusan yang sangat tepat.

Namun beberapa diantara anda, mungkin masih belum merasa yakin kenapa harus liburan atau trip festival Tulip ke Turki kali ini bersama kami.

Kami TourTurki.co.id menawarkan beberapa kemudahan khusus untuk anda.

Paket Trip: Tour Liburan Ke Turki Yang Fleksibel.

Satu hal ini mungkin terlihat sepele, tapi kenyataannya, waktu sering kali menjadi hambatan dan alasan utama gagalnya tour liburan ke Turki.

Pada umumnya, paket tour ke Turki sudah ditentukan kapan tanggal dan lamanya trip di Turki.Dan kami yakin, anda pasti pernah menjadi “korban” dari ketidaksesuaian tanggal tersebut dengan jadwal anda.


“ Bersama TourTurki.co.id, kami yakinkan hal tersebut tidak akan pernah terjadi.

Yup betul! Anda dapat menentukan tanggal berangkatnya sendiri!

Kami menyadari betul, bahwa setiap individu mempunyai kesibukan dan waktu luang yang berbeda-beda.

Sering kali kami menerima permintaan tour ke Turki dari klien yang berawal karena gagalnya mereka berangkat dari pihak lain.

Ada juga, dimana tanggal sudah sesuai, namun klien gagal berangkat karena pihak travel tidak dapat memenuhi kuota peserta.

Anda bisa bayangkan bukan, bagaimana frustasi-nya klien tersebut?!

Belum lagi perihal dana yang sudah dikeluarkan menjadi persoalan tambahan bagi klien tersebut.

Bahkan dengan kami, hanya mulai dari minimal dua peserta, kami dapat mewujudkan liburan tour ke Turki anda.

Tiket Pesawat Murah Ke Turki.

Kami menyambut gembira dengan perkembangan teknologi yang berkembang saat ini.

Dengan mudahnya sekarang kita dapat melakukan pembelian tiket pesawat ke Turki. Melalui platform ticketing yang banyak tersedia, kita dapat membeli tiket sesuai dengan jadwal yang kita tentukan.

Di TourTurki.co.id kami mempunyai platform yang memungkinkan untuk melihat tanggal tiket murah ke Turki.

Dengan hal tersebut, mendapatkan paket tour murah ke Turki bukan lagi menjadi sebuah angan-angan.

| Baca juga : Promo Harga Tiket Pesawat Murah Ke Istanbul Turki.

Itinerary Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019

Ooh yaa, ada satu hal lagi yang belum kami utarakan sebelumnya tentang kelebihan kami yang lain.

Bersama TourTurki.co.id, kami bisa menyusun custom itinerary yang sesuai dengan keinginan anda.

Sebagai misal, ada kalanya tiket pesawat murah ke Turki ada di tanggal-tanggal tertentu. Untuk menyesuaikan dengan jadwal tiket pesawat tersebut, dibutuhkan sebuah itinerary yang fleksibel.

Namun secara umum, kami ada paket tour ke Turki standar yang biasa digunakan oleh klien.

Program tersebut adalah paket tour Turki 5, 7, dan 10 hari.

| Cek paketnya disini : Paket Tour Turki 5 Hari 4 Malam dan Paket Tour Turki 7 Hari.

Dalam hal ini, kami akan ambil contoh itinerary dengan basic paket tour liburan ke Turki 7 hari.

| Baca juga : Paket Tour Ke Turki.

Hari Pertama. Hari ini adalah hari pertama kali anda menginjakkan kaki di Turki. Secara umum, penerbangan internasional akan mendarat di salah satu bandara internasional di Istanbul Turki.

Mulai dari hari ini anda akan terus didampingi professional tour guide dan driver kami sampai tour selesai. Tour guide akan menjemput anda di depan pintu kedatangan bandara internasional di Istanbul Turki.

Tour dimulai dengan mengunjungi Hagia Sophia di Istanbul Turki. Hagia Sophia adalah sebuah bangunan tua bersejarah dan mempunyai peranan penting dalam perkembangan peradaban di dunia.

Bangunan megah tersebut awalnya adalah sebuah gereja di Constantinople.

Semenjak Constantinople berhasil ditaklukkan oleh Sultan Muhammad Al-Fatih, Hagia Sophia dialih fungsikan menjadi sebuah masjid. Sebagai toleransi dan menghargai kehidupan beragama di Turki, segala ornamen dan interior gereja masih dipertahankan. Beliau hanya menambahkan tulisan Alloh SWT, nabi Muhammad SAW dan beberapa kerabat terdekatnya, dan mihrab pada umumnya yang terdapat di masjid-masjid.

Sebuah pemandangan yang unik sekaligus menentramkan pada saat umat islam dan kristen dapat hidup bersahabat berdampingan.

Tempat selanjutnya yang akan dikunjungi adalah Masjid Biru (Blue Mosque). Dikenal dengan nama “biru” karena pada awalnya seluruh ornamen interior masjid didominasi dengan warna biru.

Masjid yang dibangun oleh Sultan Ahmed I pada tahun 1609-1616 tersebut mempunyai enam menara yang sangat megah. Sedikit cerita mengenai menara tersebut, pada awalnya jumlah enam tersebut menyamai dengan jumlah menara yang ada di Masjidil Haram di Mekkah. Singkat cerita, Sultan Ahmed I mengutus arsitek untuk pergi ke Mekkah dan membangunkan satu menara lagi di Masjidil Haram.

Sampai saat ini Masjid Biru masih aktif untuk melaksanakan sholat wajib lima waktu.

| Baca juga : 9 Fakta Menarik Masjid Biru Di Turki.

Masih dalam kompleks yang sama, kita akan menemukan Hippodrome Square. Bangunan tersebut merupakan bagian yang tersisa dari keseluruhan gelanggang olah raga pada masa kejayaan Byzantine.

Selesai dari Hippodrome Square, kita akan melanjutkan perjalanan menuju ke kota Bursa di Turki.

( klik pada gambar untuk memperbesar )

Hari Kedua. Destinasi pertama yang akan dikunjungi adalah Masjid Agung Ulucamii di Bursa. Dikenal juga dengan Masjid Kaligrafi di Bursa Turki. Masuk kedalam masjid tersebut, anda akan dibuat terkesima dengan kaligrafi indah yang menghiasi dinding-dinding masjid tersebut. Tempat wudhu yang unik dan indah juga dapat anda temui didalam masjid.

Tidak jauh dari masjid Ulucamii, kita akan mengunjungi Green Tomb. Merupakan mesoleum dari Sultan Mehmed I. Bangunan tersebut diawasi langsung oleh beliau, dan tepat enam bulan setelah pembangunannya selesai, Sultan Mehmed I meninggal dunia.

Sultan Mehmed I beserta istri dan anak-anaknya disemayamkan ditempat tersebut.

Masih dalam kompleks yang sama, kita akan mengunjungi Masjid Hijau. Bangunan yang pada awalnya adalah sebuah bangunan pemerintahan tersebut, dialih fungsikan sebagai sebuah masjid dan sampai saat tulisan ini dibuat, masjid Hijau masih aktif digunakan untuk menunaikan sholat wajib lima waktu.Sebelum melanjutkan perjalanan ke Kusadasi, kita akan mempir di outlet Turkish Delight. Tempat ini menyediakan berbagai macam makanan dan beberapa barang lainnya khas Turki. Tempat yang cocok untuk mendapatkan oleh-oleh untuk kerabat anda di Indonesia.

( klik pada gambar untuk memperbesar )

Hari Ketiga. Hari ini kita sudah berada di Kusadasi. Destinasi unggulan yang akan dikunjungi disini adalah kota kuno: Ephesus Ancient City.

Sebuah bukti nyata kota kuno yang pernah ada. Dan faktanya, Ephesus termasuk salah satu yang terbesar yang ada di dunia.

Kota kuno yang mencapai masa kejayaannya di masa Yunani tersebut sudah mempunyai tata kota yang apik. Terlihat jelas adanya pemisahan zona untuk fungsi yang berbeda-beda.

Didalam Ephesus juga terdapat bangunan ikonik yang mungkin sebagian dari kita sudah mengetahuinya. Yaa, bangunan tersebut adalah Celcus Library. Konon ceritanya, perpustakaan Celcus termasuk tiga terbesar yang ada di dunia. Sampai saat ini kita masih dapat menyaksikan pilar-pilar yang masih berdiri kokoh didepan bangunan perpustakaan.

Satu lagi tempat yang tidak boleh anda lewatkan didalam Ephesus adalah Grand Theater. Sebuah bangunan berbentuk setengah lingkaran, berundak-undak, dahulu sebagai tempat hiburan untuk pertunjukan-pertunjukan di kota kuno tersebut.

Selesai dari Ephesus, kita akan melanjutkan perjalanan menuju ke Pamukkale.

Destinasi yang akan dikunjungi disini adalah Cotton Castle atau orang Indonesia menyebutnya Istana Kapas. Lebih tepatnya, istana kapas terletak di kompleks yang sama dengan kota kuno Hierapolis.

Pamukkale merupakan daerah yang mempunyai sumber mata air hangat di Turki. “Kapas” tersebut sebenarnya adalah kumpulan endapan kalsium yang mengendap dalam waktu yang lama. Terus terkumpul sehingga membentuk sebuah dinding kolam yang bentuknya menyerupai kapas berwarna putih. Dipercaya apabila berendam disini akan dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

( klik pada gambar untuk memperbesar )

Hari Keempat. Hari ini kita akan melanjutkan perjalanan menuju Cappadocia melalui Konya.

Di Konya kita akan mengunjungi Mevlana Museum. Sebuah museum dan makam sebagai saksi perkembangan ajaran islam Sufi. Jalaluddin Rumi menetap, mulai mengajarkan dan menyebarkan ajaran agama islam sufi di tempat ini. Terlihat jelas di kompleks museum tersebut terdapat ruangan-ruangan yang dahulu dipakai sebagai kelas untuk pengajaran islam sufi. Didalam kompleks dapat anda temui makam tokoh-tokoh sufi dan masjid yang dipergunakan untuk sholat dan memanjatkan doa bagi tokoh-tokoh sufi tersebut.

Satu lagi destinasi yang akan dikunjungi di Konya adalah Sultanhan Caravanseray. Sebuah bangunan yang dahulunya berfungsi selayaknya sebuah hotel.

Konya adalah salah satu kota yang dilalui dalam Jalur Sutra: jalur perdagangan terbesar dan terpanjang yang pernah ada. Jalur yang dimulai dari Istanbul dan berakhir di Cina tersebut tercatat mempunyai panjang tidak kurang dari 35.000 km.

Kemudian kita akan melanjutkan perjalanan menuju ke Cappadocia.

( klik pada gambar untuk memperbesar )

Hari Kelima. Hari ini kita sudah berada di Cappadocia.

Kita akan berada di Cappadocia sampai hari keenam.

Banyak sekali spot tempat wisata yang akan dikunjungi di Cappadocia. Cappadocia mempunyai keunikannya sendiri yang hanya dapat anda temui disini. Sebuah tempat alami yang tersusun dari batu, menjadi pemandangan unik selayaknya kita sedang berada di negeri dongeng.

Salah satu spot unggulan di Cappadocia adalah Uchisar Castle. Sebuah bangunan yang dahulu kala, pada awalnya ada sebuah kastil untuk mengawasi Goreme dari ketinggian. Sengaja dibangun lebih tinggi dari bangunan-bangunan lainnya, dimaksudkan untuk dapat melihat Goreme secara menyeluruh. Pasukan yang berada di lantai tertinggi, apabila melihat ada ancaman, kemudian akan memberikan sinyal berupa cahaya yang dipantulkan melalui cermin yang ditujukan ke Constantinople. Saat ini, Uchisar Castle menjadi sebuah tempat untuk melihat pemandangan Goreme. Lokasinya yang tinggi sangat menguntungkan untuk kita dapat menikmati pemandangan Gorema secara menyeluruh. Sangat menakjubkan.

Uchisar Castle adalah salah satu spot unggulan dalam paket tour Turki menikmati panorama, tour keindahan alam di Turki khususnya yang berada di Cappadocia.

Selain itu, Goreme Cappadocia juga menyimpan lembah-lembah yang sangat cantik. Tidak sekedar lembah, keunikan lingkungannya yang dikelilingi dengan bebatuan natural menambah keindahan lembah tersebut.

Masih ada satu lagi keunikan yang ada di Cappadocia, yaitu kota bawah tanah Cappadocia. Sering juga dikenal dengan istilah Cappadocia Underground City. Siapa sangka kalau disini ada sebuah kota bawah tanah. Kota ini dahulu dipergunakan apabila dirasa ada ancaman dari luar. Saking besarnya Cappadocia, ada beberapa kota bawah tanah yang ada di Goreme. Dan uniknya, seluruh kota bawah tanah tersebut terhubung dengan sebuah terowongan.

Bagi yang menghendaki, anda dapat naik Hot Air Baloon di Cappadocia (optional). Pagi hari anda akan dijemput dan bersiap naik balon udara. Sebuah pengalaman yang sangat ditunggu-tunggu. Menikmati Cappadocia dari atas balon udara tentu akan membuat anda terkesima dengan pemandangan uniknya, dengan latar balon-balon udara lainnya. Melihat matahari terbit dari atas juga menjadi pengalaman yang sangat mengesankan.

Kami rekomendasikan untuk anda wisata Turki balon udara naik Hot Air Baloon di Cappadocia.

( klik pada gambar untuk memperbesar )

Hari Keenam. Setelah selesai tour di Cappadocia, kita akan melanjutkan perjalanan menuju ke Istanbul. Dalam perjalanan kita akan mengunjungi Maesoleum Mustafa Kemal Ataturk di Ankara. Beliau dikenal dengan Bapak Negara Turki, yang juga merupakan presiden pertama kali negara Turki.

Hari Ketujuh. Hari ini kita sudah kembali lagi di Istanbul. Yang paling ditunggu-tunggu pun akhirnya datang juga. Pada hari ini kita akan mengunjungi Emirgan Park. mungkin kami tidak akan bicara panjang lebar tentang taman nasional tersebut, karena diatas sudah kami jelaskan tentang spot unggulan dalam paket tour festival Tulip tahun ini di Istanbul.

Setelah dari Emirgan Park, kita akan mengunjungi Grand Bazaar. Sebuah pasar besar yang ada di Istanbul. Ternyata tempat ini juga mempunyai nilai sejarah yang tinggi. Grand Bazaar adalah salah satu market terawal dan terbesar di dunia. Bahkan Grand Bazaar sebagai tempat belanja di Turki pernah mencatatkan nilai transaksi terbesar bila dibandingkan dengan tempat-tempat perbelanjaan lainnya di dunia. Disini anda dapat menemukan berbagai barang khas Turki. Cocok juga untuk mencari oleh-oleh untuk kerabat anda di Indonesia.

Selesai tour di Istanbul, dan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan pulang anda juga, anda akan diantar ke bandara internasional di Istanbul Turki dan dibantu sampai proses check in penerbangan anda.

( klik pada gambar untuk memperbesar )

Menarik sekali bukan perjalanan liburan tour anda sesuai itinerary tersebut diatas?

* itinerary dapat berubah menyesuaikan dengan jadwal penerbangan anda, dan dapat berubah juga karena cuaca, keadaan lalu lintas, atau keadaan yang tidak diperkirakan lainnya.

Jadi, sekarang anda sudah lebih bersemangat lagi kan ingin tour ke Turki khususnya untuk musim semi tahun ini?

Untuk memudahkan anda dalam memutuskan, akan coba kami rangkum dalam beberapa kata singkat.

RINGKASAN.

Paket Tour Festival Tulip: Wisata Liburan Ke Turki 7 Hari April 2019 ini adalah salah satu paket unggulan kami dalam tahun ini. Unggul karena dalam paket tour Turki 7 hari ini sudah mencakup spot-spot tempat wisata terbaik di Turki.

| Baca juga : 9 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Turki Untuk Dikunjungi.

Paket tour ke Turki ini cocok bagi anda yang ingin jalan-jalan ke Turki sendiri tanpa bergabung dengan group orang banyak, dan menginginkan adanya kepastian berangkat ke Turki.

Dengan itinerary paket tour Turki 7 hari, kami berusaha untuk memberikan pengalaman liburan ke Turki yang menyenangkan. Namun dalam hal penyusunan itinerary-nya kami tetap memperhatikan kenyamanan selama anda tour di Turki.

Secara umum, promo paket land tour arrangement Turki 7 hari ini dapat anda gunakan di bulan-bulan selain musim dingin dan selain musim festival Tulip di Turki seperti bulan April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November di tahun 2019 2020 2021 dan seterusnya.

Hanya saja, di bulan selain April tidak akan ada kunjungan ke Emirgan Park seperti yang tertera dalam paket tour Turki tulip April di Istanbul.

Konsultasikan rencana trip ke Turki anda. Kami akan memberikan opsi-opsi terbaik untuk liburan ke Turki anda lengkap dengan informasi paket land tour arrangement dan tiket pesawat murah ke Turki sesuai dengan tanggal atau bulan yang anda kehendaki.

| Baca juga : Paket Land Tour Arrangement Turki.

TUNGGU APALAGI! Klik tombol berikut untuk menghubungi kami :

paket wisata liburan tour ke turki

Contact Person :
Sigit Santoso | (62) 817 2000 70

Klik disini untuk menghubungi kami melalui Whatsapp dan line@

nomor kontak wa whatsapp paket private land tour arrangement ke turki
kontak line promo paket private land tour arrangement ke turki

Ingin tahu tips lengkap liburan ke Turki? Klik tombol dibawah ini

tips tour trip liburan wisata ke turki
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share