Thursday, October 17, 2019
Home > Tempat Wisata Turki > 9 Fakta Menarik Masjid Biru di Turki

9 Fakta Menarik Masjid Biru di Turki

9 Fakta Menarik Masjid Biru di Turki

masjid biru di turki

 

Masjid Biru di Turki – Negara Turki, khususnya di Kota Istanbul, memiliki banyak cerita dan bangunan bersejerah. Berbagai kisah cerita menarik dibalik bangunan-bangunan tersebut mempunyai ketertarikan tersendiri untuk kita ketahui.

Salah satunya adalah Masjid Sultan Ahmet di Istanbul Turki. Salah satu landmark dari kota Istanbul di Turki. Kita mungkin kurang mengetahui yang mana masjid itu, tapi kalau kita mendengar Masjid Biru di Turki, kita mungkin langsung mengenalinya. Yaaa… Masjid Biru di Turki mempunyai nama yang sebenarnya adalah Masjid Sultan Ahmet.

Banyak cerita ataupun fakta menarik seputar Masjid Biru tersebut. Pertama mungkin kita bertanya, kenapa bisa disebut Masjid Biru atau Blue Mosque? Sesuai dengan namanya, pada awalnya masjid ini memang mempunyai ornamen-ornamen berwarna biru yang menghiasi dindingnya. Baik itu berupa keramik-keramiknya atau cat nya.

 

 

Pertama menyaksikan masjid ini, pastinya kita akan tertegun dengan kemegahan arsitekturalnya. Masjid ini dibangun atas perintah Sultan Ahmet 1 kepada seorang arsitek terkemuka pada saat itu bernama Mehmed Aga. Nama Sultan Ahmet kemudian dijadikan nama untuk masjid ini. Sultan Ahmet mempunyai pesan yang sangat tidak biasa kepada Mehmed Aga. Yaitu “jangan berhemat!”. Sangat beralasan sekali kalau kita sekarang bisa melihat kemegahannya sampai saat ini, dan Mehmed Aga benar-benar menjalankan pesan Sultan Ahmet 1 pada saat itu. Pada awalnya tujuan Sultan Ahmet 1 membangun masjid ini adalah untuk menandingi kemegahan Hagia Sophia di Turki yang berada pada kompleks yang sama. Pembangunan masjid ini dimulai pada tahun 1609 dan selesai pembangunannya pada tahun 1616.

Konon ceritanya, pembangunan masjid ini sempat terjadi miss komunikasi antara Sultan Ahmet 1 dan sang arsitekturnya. Sultan Ahmet 1 berpesan kepada Mehmed Aga untuk membangun menara emas, tapi yang terjadi bukan menara emas yang terbangun, melainkan enam menara megah yang terbangun. Kenapa bisa begitu? Ternyata Mehmed Aga salah dengar pada saat itu. kata emas dalam bahasa Turki adalah “altin”, sedangkan kata enam dalam bahasa Turki adalah “alti”. Sangat mirip memang dalam pengucapannya. Mehmed Aga sempat ketakutan karena yang terbangun tidak sesuai pesan Sultan Ahmet 1, tapi setelah melihat hasil jadi bangunannya, Sultan Ahmet 1 justru terpukau dengan enam menara yang terbangun di Masjid Biru di Turki tersebut.

READ More :  25 Fakta Menarik Yang Menjadikan Istanbul Turki Sebagai Tujuan Dan Tempat Menarik Untuk Dikunjungi

Sultan Ahmet 1 sendiri turun tangan dalam pengawasan pembangunan masjid ini. Sehingga menyebabkan turunnya keadaan kesehatan beliau. Tepat satu tahun setelah selesai dibangunnya masjid ini, Sultan Ahmet 1 meninggal dunia. Beliau dimakamkan di tempat yang tidak jauh dari masjid ini. Sang arsitektur Mehmed Aga juga dimakamkan tidak jauh dari kompleks masjid ini.

 

Fakta Menarik Masjid Biru di Turki :

  1. Menggabungkan dua gaya arsitektural : arsitektural masa Byzantium dan arsitektural khas Islam.
  2. Mempunyai enam menara megah dengan diameter kubah 23,5 meter, tinggi kubah 43 meter, dan kolom beton berdiameter 5 meter.
  3. Sultan Ahmet 1 mendapat kritikan keras karena ternyata jumlah menaranya sama dengan jumlah menara yang ada di Masjidil Haram Mekkah. Kemudian Sultan Ahmet 1 menyumbangkan dana dan mengutus arsiteknya ke Mekkah untuk membangunkan menara ketujuh.
  4. Terpasang rantai besi yang berat di pintu masuk sebelah barat. Pintu sebelah barat khusus untuk pintu masuk Sultan Ahmet 1. Tujuan terpasangnya besi berat adalah agar Sultan Ahmet menundukkan kepala pada saat memasuki masjid. Sebagai simbol kerendahan hati Raja kepada Alloh SWT.
  5. Masjid ini dihiasai dengan 20.000 keramik biru dari daerah Iznik sebagai penghasil keramik nomor satu di Turki. Dan merupakan contoh klasik rancangan dari abad ke-16.
  6. Keramik yang menghiasi bermotifkan daun, tulip, mawar, anggur, bunga delima, dan motif geometris lainnya.
  7. Lantai masjid tertutup dengan karpet sutera yang berasal dari pemintalan sutera terbaik.
  8. Terdapat 260 jendela kaca patri di dalam Masjid Biru ini.
  9. Mihrab terbuat dari marmer pahatan tangan lengkap dengan hiasan stalaktit.

 

interior masjid biru di turki

 

Menyempatkan waktu berkunjung ke Masjid Biru di Turki akan memberikan pengalaman yang tidak akan terlupakan selama anda melakukan trip ke Turki.

READ More :  9 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik Di Turki Untuk Dikunjungi

Klik disini untuk menghubungi kami melalui Whatsapp dan line@

nomor kontak wa whatsapp paket private land tour arrangement ke turki
kontak line promo paket private land tour arrangement ke turki

Ingin tahu tips lengkap liburan ke Turki? Klik tombol dibawah ini

tips tour trip liburan wisata ke turki
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share