Sunday, December 1, 2019
Home > Tempat Wisata Turki > 7 Masjid Terkenal Sebagai Tempat Wisata Religi di Turki

7 Masjid Terkenal Sebagai Tempat Wisata Religi di Turki

7 Masjid Terkenal Sebagai Tempat Wisata Religi di Turki

Masjid Raya Sulaimaniyah di Turki

Tempat Wisata Religi di Turki – Seperti sudah kita ketahui, negara Turki adalah negara yang menjadi salah satu tujuan destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi di dunia. Negara Turki pun mempunyai keunikan secara geografis, yaitu terletak diantara dua benua, benua Eropa dan benua Asia, yang digabungkan dengan sebuah jembatan di Istanbul Turki. Dari sisi ekonomi, Turki juga mencatat sebagai salah satu negara dengan nilai transaksi terbesar di dunia. Grand Bazaar sebagai tempat belanja di Turki adalah sebuah pasar terbesar dengan nilai transaksi per harinya yang sangat besar pula. Fakta-fakta tersebut menjadikan Istanbul Turki tempat menarik untuk dikunjungi.

Turki adalah negara yang juga mempunyai nilai historis dari sisi religi. Jadi tidak heran kalau kita menemukan banyak tempat wisata religi di Turki. Turki adalah negara dengan mayoritas penduduknya adalah pemeluk agama Islam. Tapi perlu kita apresiasi bahwasannya penduduk Turki mempunyai toleransi yang sangat tinggi dan sangat menghargai dengan pemeluk agama lain.

Dengan alasan tersebut diatas, tentunya negara ini mempunyai banyak sekali destinasi tempat wisata religi di Turki yang sangat menawan. Beberapa diantaranya adalah bangunan berupa tempat ibadah agama Islam, dalam hal ini adalah Masjid. Beberapa diantaranya terkenal karena keindahan dan kemegahan secara arsitektural, beberapa diantara lainnya terkenal karena memiliki sebuah nilai tersendiri karena syarat akan sejarah dan umur yang terbilang sudah sagat tua dari semenjak awal pembangunan masjid tersebut. Kita biasa menyebutnya dengan sebuah istilah “historical masterpiece”. Sebuah fakta survey yang pernah dilakukan pada tahun 2013 lebih tepatnya pada bulan Maret menyebutkan bahwa Turki mempunyai 82.693 bangunan masjid. Fakta yang cukup mencengangkan. Bagi pemeluk agama Islam, merayakan bulan puasa di Turki akan memberikan pengalaman yang sangat menarik.

Pada awalnya banyak turis atau wisatawan yang non-muslim sedikit khawatir apakah mereka bisa masuk masjid karena mereka bukan pemeluk agama Islam. Tetapi kekhawatiran mereka akhirnya terjawab. Banyak sekali masjid di Turki yang terbuka untuk umum. Memang ada peraturan khusus untuk non-muslim yang harus ditaati, seperti halnya adalah larangan untuk memasuki masjid pada saat waktu sholat lima waktu dan beberapa pakaian yang harus mereka kenakan pada saat memasuki masjid. Seperti halnya kita di Indonesia, apabila kita berkunjung ke Bali, ada beberapa tempat religi di Bali yang mengharuskan pengunjungnya untuk mengenakan pakaian tertentu. Melakukan perjalan wisata ke Turki menyusuri masjid-masjid sebagai tempat wisata religi di Turki adalah sebuah pengalaman tersendiri yang tidak akan terlupakan.

Ingin mengetahui masjid-masjid terkenal yang ada di Turki? Berikut adalah daftar masjid-masjid tersebut.

7 Masjid Terkenal Sebagai Tempat Wisata Religi di Turki

 

1. Masjid Biru di Turki

Masjid Biru dibangun atas prakarsa dari Sultan Ahmet 1 pada tahun 1609, dan selesai pembagunannya pada tahun 1616. Ada beberapa cerita menarik dari masjid ini salah satunya adalah adanya enam menara megah yang terbangun di masjid itu, dimana pada masa pembangunannya Sultan Ahmet 1 mendapatkan kritikan besar karena jumlah menara tersebut menyamai dengan jumlah menara yang ada di Masjidil Haram di Mekkah. Konon waktu itu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, Sultan Ahmet 1 menyumbangkan sejumlah dana dan mengutus seorang arsiteknya untuk ke Mekkah dan membangunkan menara ketujuh Masjidil Haram di Mekkah. Selain itu ada beberapa fakta menarik juga mengenai masjid ini. Silakan baca di 9 Fakta Menarik Masjid Biru Di Turki.

interior masjid biru di turki

 

2. Masjid UluCamii di Bursa Turki

Masjid yang dibangun di Bursa Turki ini mempunyai gaya arsitektural Seltjuk. Masjid megah ini telah berumur lebih dari 600 tahun dan sampai sekarang masih berdiri kokoh dan masih dipergunakan untuk sholat lima waktu oleh penduduk sekitar. Masjid ini dibangun oleh Sultan Bayezid 1. Dimulai dari pembangunan pada tahun 1396 dan selesai pembangunan pada tahun 1399, oleh seorang arsitek ternama pada saat itu bernama Ali Neccar. Salah satu keunikan dari masjid ini adalah adanya 20 kubah yang terdapat pada masjid. Ceritanya pada saat itu Sultan Bayezid 1 berjanji untuk membangun satu masjid setiap kali memenangkan peperangan. Dan terhitung ada 20 peperangan Nicopolis yang telah beliau menangkan. Namun pada saat akan melakukan pembangunan, sang bendahara pada waktu itu memberikan kabar bahwa keadaan keuangan tidak memungkinkan untuk membangun 20 masjid. Setelah Sultan Bayezid 1 berkonsultasi dengan para ulama, diambillah jalan tengah yaitu dengan membangun 20 kubah pada Masjid Ulu Camii di Bursa Turki tersebut. Ulu dalam bahasa Arab berari besar atau agung. Sedangkan Camii berarti Masjid (Jami’). Jadi tidak lain nama Ulu Camii berarti masjid agung.
Selain itu masjid ini juga banyak dikenal dengan nama Masjid Kaligrafi. Sesuai dengan nama tersebut, pada kenyataanya memang masjid ini mempunyai banyak sekali ornamen kaligrafi yang terdapat didalam masjid tersebut.

interior masjid ulucamii di bursa turki

 

3. Masjid Agung di Mardin Turki

Mardin adalah sebuah kota yang terletak di tenggara Turki. Kota ini adalah bagian dari negara Turki yang berbatasan dengan negara tetangga yaitu Irak dan Siria. Dahulu kota Mardin adalah rumah pasukan Romawi Timur, dan sering dijadikan medan pertempuran antara orang-orang Romawi dan dan kaum Sasani yang aslinya berasal dari Iran. Selain itu kota Mardin pernah dijadikan kediaman bagi orang Arab Kristen dan orang Suryani yang tinggal di Turki. Pada tahun 641 Masehi, kota Mardin akhirnya ditaklukkan oleh Bani Umayyah dan dijadikan sebagai kota Islam. Setelah itu banyak orang Arab yang datang ke Mardin dan membentuk sebuah peradaban Islam di kota Mardin Turki. Sehingga tidak mengherankan kalau sampai saat ini banyak peninggalan sejarah Islam terdapat di Mardin. Salah satunya adalah Masjid Agung di Mardin Turki. Masjid Agung ini dibangun pada abad ke-19, lebih tepatnya dibangun antara tahun 1184 dan 1200. Ada yang menyebutkan masjid ini dahulunya adalah sebuah gereja yang kemudian dijadikan sebuah masjid agung setelah kota Mardin Turki ditaklukkan dan dijadikan kota Islam. Yang menjadi ciri khas masjid ini adalah adanya kubah besar dan menara masjid yang masih berdiri kokoh sampai saat ini.

masjid agung mardin di turki

 

4. Masjid Selimiye di Edirne Turki

Mungkin sebagian dari kita belum pernah mendengar tentang Edirne. Edirne adalah sebuah kota cantik di Turki yang terletak 260 km sebelah barat laut Istanbul. Edirne diapit oleh dua negara, berjarak 7 km dari Yunani dan berjarak 20 km dari perbatasan Bulgaria. Kota ini merupakan pintu sebelah barat yang dipergunakan Sultan Muhammad Al-Fatih setelah penaklukan kota Constantinople. Masjid ini dibangun oleh Sultan Selim II pada tahun 1568-1574, dengan arsitek bernama Mimar Sinan. Ambisi Sultan Selim II pada saat itu adalah membangun struktur Islam yang paling megah di dunia. Terbukti dengan selesainya pembangunan masjid ini, sangat mencerminkan kekuasaan dan kekayaan kekaisaran Ottoman pada saat itu. Bagian menarik dari Masjid Selimiye di Edirne Turki ini adalah kubah yang sangat mengesankan dengan diameter mencapai 31,25 m dan tinggi mencapai 43,25 m. Satu-satunya kubah yang sebanding dengan Hagia Sophia dan tidak ada negara Islam lainnya yang mempunyainya. Selain itu menara yang terdapat di masjid ini adalah tertinggi kedua di dunia setelah menara Quth Minar di India.

masjid selimiye di edirne turki

 

5. Masjid Rustem Pasha di Istanbul

Masjid ini adalah salah bukti kemegahan arsitektural Ottoman yang terletak di Istanbul. Dengan bangunan berbentuk segi delapan yang juga merupakan ciri khas bangunan arsitektural Ottoman. Interior masjid ini dihiasi dengan keramik berwarna merah yang didatangkan khusus dari Iznik, sebuah daerah di Turki yang sangat terkenal dengan hasil-hasil keramik terbaiknya baik dari sisi kualitas maupun keindahannya. Rustem Pasha sendiri adalah menantu dari Sultan Suleyman yang berasal dari Bosnia. Pada masanya Rustem Pasha adalah salah satu orang terkaya di dinasti Ottoman. Namun di puncak kejayaan dan kekuasaannya dia tidak diperbolehkan untuk membangun masjid berukuran besar yang dapat menyaingi kemegahan masjid-masjid yang telah dibangun oleh sultan sebelumnya. Makanya masjid ini ukurannya tidak terlalu besar bila dibandingkan dengan masjid-masjid besar pada masa kekaisaran Ottoman.

Masjid Rustem Pasha di Istanbul

 

6. Masjid Raya Sulaimaniyah di Turki

Salah keistimewaannya adalah ternyata masjid ini adalah masjid terbesar yang ada di Istanbul Turki. Lebih besar dari Masjid Biru di Turki. Sampai saat ini Masjid Raya Sulaimaniyah menjadi ikon kota Istanbul Turki. Masjid ini dibangun pada masa kekaisaran Ottoman oleh Sultan Sulaiman. Masjid ini dibangun pada tahun 1550 dibawah naungan langsung Sultan Sulaiman I. Dibangun oleh arsitek handal yang sudah sangat berpengalaman pada masanya, Mimar Sinan, dengan ukuran lebar 58 meter dan panjang 59 meter. Masjid ini didesain sedemikian rupa dengan menggabungkan dua elemen desain Byzantium dengan elemen desain bangunan Islam. Tercermin dari desain menara yang ramping dan menjulang tinggi, serta adanya kubah yang sangat besar. Keistimewaan yang lain dari Masjid Raya Sulaimaniyah di Istanbul Turki ini adalah selain menjadi tempat ibadah umat Islam, masjid ini juga difungsikan sebagai sebuah rumah sakit, tempat menuntut ilmu, madrasah, perguruan tinggi, tempat pemandian umum, dan bahkan sebagai dapur untuk masyarakat yang kekurangan makanan.

Masjid Raya Sulaimaniyah di Turki

 

7. Masjid Agung Diyarbakir Turki

Banyak orang belum mengetahui tentang daerah yang diberi nama Diyarbakir ini. Konon daerah ini adalah daerah peninggalan tertua yang ada di belahan bumi. Tercatat daerah Diyarbakir sudah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi. Disini terdapat Masjid Agung Diyarbakir yang dipercaya menjadi masjid tertua di Mesopotamia. Pertamanya masjid ini adalah bangunan gereja, yang dipercaya juga menjadi gereja tertua di dunia. Seiring berjalannya waktu, pada masa itu bangunan ini pernah dipakai bersama-sama oleh pemeluk agama Islam dan pemeluk agama Kristen. Wujud kerukunan beragama dan toleransi antar umat beragama yang bisa kita ambil contoh. Di tahun 1091 Sultan Malik Shah mununjuk gubernur Seljuk untuk membangun kembali masjid tersebut. Pembangunan kembali masjid itu dibantu oleh arsitek dari negara Siria. Sehingga hasil pembangunan kembali masjid tersebut mempunyai desain yang mirip dengan Masjid Agung Umayyad di Damascus.

Masjid Agung Diyarbakir Turki

Menarik bukan setelah kita mengetahui beberapa tempat wisata religi di Turki tersebut? Masih banyak lagi destinasi wisata di Turki yang sangat layak untuk kita kunjungi.

READ More :  25 Fakta Menarik Yang Menjadikan Istanbul Turki Sebagai Tujuan Dan Tempat Menarik Untuk Dikunjungi

| Anda mau tour muslim di Turki? Kami punya paket yang paling banyak dipakai oleh klien-klien kami. Silakan klik link berikut: Paket Tour Wisata Muslim Halal Turki 5 Hari 4 Malam.

Atau anda berencana untuk melakukan wisata trip ke Turki lainnya? Kami tourturki.co.id mempunyai beberapa paket wisata Turki. Apabila anda ingin menentukan sendiri tujuan wisata di Turki, kami pun dapat melayani anda dengan membuat custom itinerary sesuai permintaan anda. Silakan kontak kami untuk mengetahui paket-paket wisata di Turki tersebut.

| Ingin tahu paket-paket unggulan kami? Klik link berikut: Paket Tour Wisata Turki Lengkap.

Anda ingin tour jalan-jalan sendiri di Turki bersama keluarga, teman, atau kerabat tanpa bergabung dengan group? Silakan kontak kami karena kami bisa untuk mengatur Private Tour Paket Wisata Turki anda.

| Baca juga: Paket Land Tour Arrangement Turki.

Tunggu apalagi!

Segera hubungi kami, dan rencanakan liburan anda di Turki. Klik tombol dibawah ini untuk menghubungi kami melalui Whatsapp.

paket wisata liburan tour ke turki

Atau langsung kontak kami ke nomor (62) 817 2000 70.

Klik disini untuk menghubungi kami melalui Whatsapp dan line@

nomor kontak wa whatsapp paket private land tour arrangement ke turki
kontak line promo paket private land tour arrangement ke turki

Ingin tahu tips lengkap liburan ke Turki? Klik tombol dibawah ini

tips tour trip liburan wisata ke turki
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Share